Mandi Herbal Membantu Wanita Mengatasi Stres

Jum'at, 03 Mei 2019 - 22:30 WIB
Mandi Herbal Membantu...
Mandi Herbal Membantu Wanita Mengatasi Stres
A A A
JAKARTA - Saat stres, umumnya orang pergi ke gym, berjalan-jalan di sekitar rumah, berenang atau nonton film. Namun, ada cara yang tidak akan membutuhkan banyak usaha dan masih menghasilkan keajaiban mengatasi stres. Cukup bersantai di pemandian spa atau berendam dengan segenggam herbal yang bisa didapat langsung dari dapur.

Seperti dilansir Times Of India, ada beberapa bahan herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini.

1. Mawar
Suka mencium mawar segar? Gunakan kelopak yang indah ini di bak mandi, pastikan tidak disemprot dengan bahan kimia. Bunga yang satu ini memiliki banyak sifat penyembuhan. Bahkan, jauh sebelum itu, Cleopatra kerap melakukannya, berendam dengan susu dan kelopak mawar. Khasiatnya, mawar mampu memelihara kulit, mendinginkan dan menenangkan pikiran.

Cara menggunakan: Buat infus mandi harum menggunakan kelopak mawar kering, bunga chamomile, daun teh hijau dan minyak esensial. Letakkan di bak mandi. Anda juga bisa menambahkan kelopak mawar, bumbu lavender, dan santan ke dalamnya. Mandi yang memanjakan menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.

2. Calendula
Bunga calendula dikatakan sebagai pekerja ajaib kecil. Calendula memiliki sifat-sifat yang menenangkan kulit, meningkatkan perbaikan sel, mengurangi kemerahan dan melembabkan kulit, menjadikannya penyembuh yang tepat di kamar mandi.

Cara menggunakan: Untuk membuat rendaman calendula, ambil setengah cangkir bunga calendula kering dan kelopak mawar kering. Tambahkan beberapa garam Epsom ke ini serta beberapa tetes minyak lavender atau ylang. Tempatkan ini di tas muslin dan tambahkan ini ke bak mandi Anda. Ini akan membuat kulit terasa lebih dingin dan bergizi.

3. Chamomile

Chamomile yang lembut dengan aroma buahnya, adalah pelega saraf yang menenangkan. Ini juga merupakan tambahan yang sempurna untuk mandi herbal. Bungomil bunganya yang berwarna putih memiliki bisabolol, minyak dengan kualitas obat penenang. Di kamar mandi, minyak aromatik dilepaskan untuk rendam penyembuhan. Ini juga meningkatkan tidur.

Cara menggunakan: Untuk membuat rendaman teh chamomile, seduh teh chamomile dan biarkan curam selama 10 menit sehingga minyak nabati dilepaskan. Tambahkan ini ke kamar mandi.

4. Kemangi

Ingin mandi berenergi? Coba kemangi. Ini memiliki aroma yang indah dan merangsang indera. Bintang pop Madonna memposting video online berendam dalam daun selasih segar. Ramuan ini juga mengurangi peradangan kulit.

Cara menggunakan: Tambahkan sekitar lima daun kemangi ke air mandi Anda. Bersantai di dalamnya selama 10 menit dan bilas. (Baca juga: Kelelahan Bukan Satu-satunya Penyebab Kematian ).

5. Eucalyptus

Eucalyptus tidak hanya berguna untuk membersihkan sinus pengap dan anti-inflamasi, tapi juga dapat merangsang pikiran dan tubuh dengan aroma yang memabukkan.

Cara menggunakan: Untuk memperoleh manfaatnya di bak mandi, buat campuran dengan minyak esensial lainnya, pohon teh, minyak atsiri lemon dan minyak pembawa kelapa. Kocok dan tambahkan satu sendok makan ke air mandi Anda. Ini mengurangi stres dan membuat pick-me-up yang bagus.

6. Lavender

Lavender memiliki banyak manfaat. Lavender dapat mengurangi kegugupan dan kecemasan, menurunkan tekanan darah, menghilangkan stres, membantu mengurangi infeksi kulit, meningkatkan sirkulasi darah dan banyak lagi. Mandi lavender-rose berendam dengan oat bisa membuat Anda menikmati kesenangan.

Cara menggunakan: Untuk membuatnya, campur oat sampai berubah menjadi tepung. Tambahkan garam epsom, kelopak mawar kering, dan lavender kering dalam mangkuk. Tambahkan ini ke bak mandi Anda secara langsung atau jika Anda ingin agar tidak berantakan, tambahkan campuran ke tas muslin dan biarkan yang curam di bak mandi.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)